Pahami apa itu capital loss dan capital gain untuk anda yang ingin bermain saham

08 November 2018 : 5:56 PM
Baca Juga

Hai sobat penapasundan.com dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang capital loss dan capital gain untuk anda yang ingin bermain saham, sebelum kita membahas apa itu capital loss dan capital gain saya akan menjelaskan tentang pengertian saham.

Saham adalah surat berharga yang menunjukan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. maka dari itu, anda berhak atas keuntungan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan

Jadi untuk sobat penapasundan.com yang ingin bermain saham ada beberapa hal mendasar termasuk tips agar berhasil yang harus sobat ketahui dan pahami sebelum sobat semua bermain saham, lalu pelajari tentang capital gain dan capital loss. Setelah sobat mengetahui tentang kedua hal tersebut maka sobat bisa memulai untuk bermain saham atau bermain lanjut tentang pasar saham. Sebagai permulaan berikut ini ada dua jenis kategori saham.

1. Saham biasa

Saham biasa adalah surat berharga yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan. Pemilik saham ini berhak menerima sebagian pendapatan ( deviden) dari perusahaan serta bersedia menanggung resiko kerugian yang diderita perusahaan.
Mereka yang memiliki saham perusahaan punya hak dalam bagian terhadap pengelolaan perusahaan. Besaran porsi hak pengelolaan ini tergantung dengan jumlah saham yang dimiliki, ketika perusahaan untung mereka yang punya saham mendapatkan persentase begitupun jika perusahan tersebut gagal memperoleh pendapatan pemilik saham akan mendapatkan kerugian.

2. Saham preferen 

Saham preferen adalah surat berharga yang membuktikan pemiliknya memiliki hak lebih dari pemegang saham biasa. Pemegang saham ini berhak didahului saat pembagian keuntungan (deviden).
Selain itu juga saham preferen lebih baik dari saham biasa.  cara terbaik memandang saham preferen adalah dengan melepaskan hak memiliki perusahaan demi dapat perlindungan layaknya kreditur.

Setelah sobat memahami dan mengetahui jenis saham yang harus diperhatikan sebelum sobat bermainsaham ada dua hal yang juga harus sobat pahami yaitu :

Capital gain 

Capital gain adalah pendapatan dari saham yang berasal dari selisih antara harga beli dan harga jual dengan adanya aktivitas perdagangan saham dipasar sekunder. Contohnya, Investor B membeli saham ORGD dengan harga perlembar saham Rp.5000, kemudian ia menjual lagi dengan harga perlembar Rp.5.500 berarti modal itu memperoleh capital gain sebesar Rp. 500 untuk setiap lembar saham yang dijualnya. Para investor dengan tujuan investasi jangka pendek pasti mengejar keuntungan melalui capital gain. Contohnya, Investor C membeli saham pada malam hari dan menjualnya kembali pada pagi hari jika harga saham naik.

Capital loss 

Capital loss adalah kebalikan dari capital gain, kondisi saat investor menjual saham dengan harga lebih rendah dari harga beli. Contohnya investor X membeli saham ORGD pada harga Rp.5.000 persaham dan menjualnya kembali pada harga Rp. 4000 persaham maka investor X rugi Rp.1000 persaham,


Hal yang harus diperhatikan oleh sobat adalah tidak semua bermain saham menghasilkan keuntungan layaknya perdagangan pada umumnya jangan salah prsepsi dengan menganggap investasi dengan membeli saham itu pasti untung. Layaknya pada perdagangan pada umumnya, Hargas saham bisa naik dan juga bisa turun. Kenaikan harga saham bisa membuat investor menddapatkan potensial gain, namun sebaliknya penurunan harga bisa membuat investor memperoleh potensial loss.

Harga saham selalu berubah-ubah karena karakter inilah banyak investor yang panatik dengan satu jenis saham sebab mungkin sudah paham dengan fluktuasi dan pengertian holding company. Biasanya orang panatik seperti itu hanya bermain pada satu jenis saham yang likuid dan bagus secara fundamental, jika harga turun maka akan dibeli dan jika harga saham naik maka akan dijual kembali.

Salah satu saham ini menganggap banyak investor tertarik masuk kedalam investasi saham karena selain memberikan keuntungan dapat juga memberikan sobat kepuasan dalam berinvestasi.




Share Articles