Pentingnya Gizi untuk ibu hamil dan bahaya kekurangan Gizi pada ibu hamil

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pentingnya Gizi untuk ibu hamil dan bahaya kekurangan Gizi pada ibu hamil

penapasundan channel
11 November 2018

Sobat Penapasundan.com pada kali ini saya akan berbagi informasi tentang pentingnya Gizi pada ibu hamil dan bahaya kekurangan gizi. Gizi adalah terjemaahan dari kata nutrition yang disebut nutrisi gizi juga bisa diartikan substansi organik yang dibutuhkan oleh organ tubuh untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan.

Masalah gizi seringkali muncul karena masyarakat memiliki pengetahuan kepercayaan, nilai atau norma yang kurang memadai, contoh umum adalah mentolelir ibu hamil dengan porsi makanan yang jauh lebih sedikit ketimbang pada saat sedang tidak hamil dan tidak memperhatikan nilai gizi yang dikonsumsi pada saat hamil, mengkonsumsi makanan yang bergizi merupakan prilaku yang penting untuk kesehatan dan perkembangan janin. berikut ini 8 jenis makanan dan minuman yang wajib diketahui dan mudah didapatkan oleh ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil Harus banyak minum air putih 

Kenapa ibu hamil harus banyak minum air putih ? ibu hami harus banyak minum air putih karena volume darah ibu hamil akan meningkat hingga 1,5 liter, oleh karena itu ibu hamil sangat perlu menjaga keseimbangan tubuh agar tidak dehidrasi. Gelisah, kelelahan, suasana hati jadi kacau, dan merasa lemas adalah salahsatu gejala dehidrasi ringan yang dialami ibu hamil.

2. Sering mengkonsumsi telur

Telur mengandung kalori, protein, lemak vitamin dan mineral. Selain itu, telur juga memiliki kandungan kolin yaitu nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin. namun, ibu hamil sangan tidak dianjurkan mengkonsumsi telur setengah matang kerena ditakutkan telur setengah matang masih banyak mengandung bakteri yang dapat membahayakan.

3. Sering mengkonsumsi ubi

Ubi merupakan salahsatu makanan yang bergizi, tinggi untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin A sangat baik untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin. Umumnya ibu hamil disarankan untuk meningkatkan asupan Vitamin A sebesar 10 sampai 40 persen dari kebutuhan sehari-hari. akantetapi vitamin A dalam bentuk suplemen dosis tinggi bila dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan mata dan dapat menyebabkan kecacatan mata.

4. Perbanyak mengkonsumsi buah alpukat

Alpukat kaya akan sumber serat, Vitamin k, Vitamin c, asam folat, kalium, Vitamin b6, dan tinggi asam lemak. Jenis lemak itu dibutuhkan ibu hamil, karena membantu perkembangan otak,sistem saraf, dan jaringan bayi. tidak hanya itu, alpukat juga tinggi akan kalium yang mempengaruhi kram kaki pada saat kehamilan,

5. Rajin mengkonsumsi buah jeruk

Buah jeruk yang kaya akan Vitamin C sangat disarankan untuk ibu hamil, selain kandungan Vitamin C yang tinggi buah jeruk juga mengandung asam folat, dan serat. hampir 90 persen kandungan didalam buah jeruk adalah air. sehingga membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

6. Rajin mengkonsumsi mangga

Kalium yang terdapat didalam buah mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan dapat membantu menjaga tekanan darah dan mempertahankan cairan tubuh., Vitamin A yang terkandung didalam buah mangga berfungsi sebagai anti oksidan, membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan dan sistem saraf bayi. mangga juga mengandung serat tinggi yang dapat mencegah konstipasi dan sembelit pada ibu hamil.

7. Rajin mengkonsumsi bayam

Saluran hijau ini selain mudah untuk didapatkan dan gharganya sangat ekonomis bayam juga baik dikonsumsi selama masa kehamilan, kerena memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi. pada awal kehamilan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi sangat dianjurkan karena dapat mencegah bayi dapat mengalami cacat tabung saraf (cacat pada bagian otak dan saraf tulang belakang).  selain itu asam folat dapat mengurangi resiko preeklamsi dan persalinan prematur.

8. Rajin mengkonsumsi pisang 

Kandungan vitamin b6 sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama, karena dapat mengurangi rasa mual-mual yang biasa dialami ibu hamil pada saat trimester pertama pada saat kehamilan.


Delapan poin diatas adalah jenis makanan dan minuman yang mudah didapatkan dan sangat bermanfaat untuk ibu hamil, nah untuk sobat yang sudah mengetahui jenis makanan apasaja yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil sekarang saya akan menjelaskan secara singkat tentang bahaya kekurangan gizi pada ibu hamil.


  • kematian prenital ( kematian bayi tujuh hari setelah lahir),  berat badan bayi yang kurang giji biasanya berat badan bayi kurang dari 2,5 kg kemungkinan terjadinya kematian 30 kali lebih besar dibanding dengan bayi lahir normal lebih dari 2,5 kg, sedangkan bayi dengan berat badan 1,5 kg memiliki peningkatan resiko kematian 70 hingga 100 kali dalam tujuh hari setelah lahir.
  • Cacat lahir
  • Kerusakan otak 
  • Gangguan sistem saraf
  • Lahir prematur
  • Dapat menyebabkan diabetes tipe 2
  • Gangguan kejiwaan
  • Penyakit jantung
  • Gagal ginjal kronis
  • Osteoporosis 
Itulah sobat penapasundan.com pembahasan ringkas pada artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan apabila ada masukan untuk artikel yang kami buat sobat bisa berkomentar pada kolom komentar dibawah agar kami bisa memperbaiki dan bisa memberikan artikel yang bermanfaat.