Tips Memilih jas hujan yang aman dan mengurangi resiko kecelakaan

08 November 2018 : 3:06 PM
Baca Juga


Untuk kamu yang selalu menggunakan kendaraan bermotor saat berkendara tentunya jas hujan sudah menjadi hal yang wajib dibawa saat bepergian, pengendara sepeda motor terkadang tak mengindahkan anjuran agar tidak menggunakan jas hujan jenis ponco, yang terkadang beberapa orang menyebutnya jas batman.

Menurut instruktur jakarta defenisive Driving consulting (JDCC), meski saat hujan pengendara speda motor wajib menggunakan safety gear yang layak karena terkait dengan keselamatan dan kesehatan pengguna kendaraan speda motor, seperti jas hujan model two piece dan menghindari penggunaan jas hujan jenis ponco atau jas hujan batman.

Nah mau tau apasaja bahaya dari jas hujan jenis ponco menurut JDCC, yuk kita simak yang berikut ini agar kita bisa mengantisipasi kecelakaan saat menggunakan kendaraan bermotor :

1. Desain yang membahayakan

Desain jas ponco memiliki ukuran yang sangat lebar, bahkan tidak sedikit pengendara mengalami kecelakaan, dengan tersangkut/terselipnya jas terhadap gear, dan rantai sehingga roda berhenti secara tiba-tiba, pengguna jas ponco bisa tertarik kebelakang karena jas ikit berputar di gear motor.

2. Pengendara lebih mudah hilang keseimbangan

Bentuk jas ponco yang lebar bisa membuat pengendara lebih mudah kehilangan keseimbangan terlebih jika angin bertiup kencang, selain itu juga jas hujan jenis ponco bisa menutupi lampu depan karena ukurannya yang lebar apalagi ketika kita melintasi jalan yang berkabut otomatis menghalangi laju berkendara karena lampu depan terhalang oleh jas hujan.

4. Mengurangi  Keseimbangan saat berkendara

Jas hujan jenis ponco ini karena bentuknya yang lebar secara otomatis menghalau hembusan angin yang diselingi dengan air hujan, sehingga kemampuan berkendara menjadi berkurang karena tekanan dari hembusan angin dan disertai hujan membuat keseimbangan pengendara speda motor terganggu. 

5. Membuat tubuh pengguna speda motor lebih basah

Banyak yang berfikiran jas hujan jenis ponco lebih baik untuk menghalau air hujan karena bentuknya lebih lebar, akantetapi dalam kenyataannya tidak demikian, karena jas hujan jenis ponco justru membuat pengguna kendaraan bermotor akan lebih basah disebabkan sisi kanan dan kiri jas hujan ponco memungkinkan air untuk masuk kedalam dan membasahi tubuh pengguna.

Setelah kita mengetahui bahaya menggunakan jas hujan jenis ponco berikut ini Tips memilih  jas hujan yang aman dan nyaman digunakan saat berkendara :

1. Jas hujan model stelan

Model stelan sangat cocok digunakan untuk berkendara saat hujan, model inipun tidak berpengaruh saat hembusaan angin yang diselingi air hujan itu karena bentuk jas hujan model stelan ini menyatu dengan tubuh pemakainya. meskipun pengendara menggunakan jas hujan jenis stelan akan tetapi hindari menggunakan jas yang ketat atau ukurannya sangat pas dengan tubuh selain akan merepotkan jika membawa tas atau bawaan lain, model yang terlalu pas dengan tubuh rawan robek dan kemasukan air.

2. Jangan memilih jas hujan yang dijahit

Kenapa kami kami tidak menganjurkan jenis jas hujan yang dijahit? karena proses jahitan menyisakan bekas lubang jarum yang membuat celah bagi air untuk masuk kedalam sehingga pengendara kemungkinan akan basah.

3. Pilih rel sleting jas hujan yang terbuat dari kuningan atau tembaga

Alasan kami menganjurkan bahan rel sleting jas hujan dari kuningan atau tembaga selain bahannya anti karat biasanya biasanya awet untuk digunakan beda ketika jas hujan dengan bahan rel sleting plastik atau besi, kemungkinan terlepas akan besar selain mudah rusak tentunya rel sleting berbahan besi mudah berkarat.

4. Pilihlan jas hujan yang berwarna terang

jas hujan tidak hanya berfungsi untuk melindungi badan dari basah yang diakibatkan oleh hujan, tetapi ada fungsi lain dari jas hujan yang bisa menunjang keamanan saat berkendara. oleh karenanya pemilihan warna jas hujan dianjurkan untuk menggunakan warna yang mencolok, ini karena saat hujan deras atau disertai dengan kabut akan mengurangi jarak pandang pengendara, jas hujan dengan warna yang mncolok akan bisa memancarkan cahaya sehingga pengendara lain akan mengetahui bahwa ada kita sedang berkendara.

Share Articles